Sunday, April 11, 2010

Sekilas tentang Yonif 500/Raider

Batalyon infanteri 500 Raider (Yonif 500/R) adalah satuan pemukul elit cepat milik Kodam V/Brawijaya dimana personilnya dididik langsung dibawah pelatihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar Bandung, Jawa Barat.

Selama menjalani pendidikan di Pusdik Pasus Jawa Barat beberapa personil Raider di bekali materi tambahan diantaranya Taktik Pertempuran Kota (Purkota), Demolisi (Penghancuran), Pembebasan Sandera (Baswan), Mobil Udara (Mobud), Berkendara, Camp dan Intelijen (Sandhi Yudha). Khususnya materi Intelijen personil raider akan mendapatkan pelatihan yang lebih khusus dan matang, dikarenakan hal tersebut bagi seorang prajurit raider sangat mutlak hukumnya demi kelancaran operasi yang akan di bebankan.

Dalam perekrutannya, raider menggunakan standarisasi yang sangat ketat dan selektif dan bisa dikatakan tidak mudah untuk menjadi seorang prajurit raider. Semua mendapat perlakuan yang sama baik dari tamtama sampai golongan perwira tidak akan ada pembedaan.


Yonif 500/Raider sangat aktif dalam menjalankan tugasnya di medan operasi seperti penugasan di Aceh dalam menghadapi gerombolan sparatis GAM, pasukan raider di sebar ke berbagai daerah yang di tengarai terdapat gerombolan dan simpatisan GAM untuk kemudian di eliminir dan di berangus. Dengan berbekal kemampuan intelijen dan teknik khusus disertai moril tempur yang sangat tinggi prajurit raider mampu menekan dan memberikan efek psikologis yang besar terhadap pergerakan GAM, sehingga mereka mundur dan masuk ke hutan-hutan untuk berlindung.

Salah satu prestasi terbaiknya yaitu keberhasilan salah satu tim raider 500/R menerobos dan menembak mati Panglima GAM wilayah Peureulak Aceh Timur Ishak Daud beserta Isterinya di Babah Krueng dipimpin Sertu Herlambang dengan menerobos langsung kejantung musuh yang dijaga ketat oleh pasukan GAM.
Yonif 500/Raider juga memiliki Satgultor sendiri sebagai kekuatan inti Raider layaknya Den-81 Gultor di jajaran Kopassus yang selalu dilatih dan dipelihara kemampuannya. Didalam pelatihannya tak jarang satuan Yonif 500/Raider melibatkan satuan lainnya seperti Rindam V/Brawijaya untuk menyelenggarakan latihan yang biasa di gelar di daerah Sumbermanjing, Malang Selatan dengan materi gunung hutan, baswan ,raid ,mobud dan penghancuran.

Saat ini Yonif 500/R dipimpin oleh Letnan Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo mantan Kasiops Korem Malang menggantikan Letnan Kolonel Inf Supriono.(Ars

No comments:

Post a Comment